Friday 9 March 2012

Brunei Darussalam juara Hassanal Bolkiah Trophy 2012


Brunei Darussalam juara turnamen sepak bola Hassanal Bolkiah Trophy 2012. Di final menundukkan Indonesia 2-0. Indonesia meraih hadiah uang Rp72 juta dan sang juara Rp144 juta.

Hasil ini membuat Indonesia masih belum mampu mengoleksi gelar internasionalnya. Sebelumnya, selain gagal lolos ke babak final kualifikasi Piala Dunia 2014, dipermalukan Bahrain 10-0. Bahkan kekalahan itu menimbulkan FIFA menduga, ada skalnda suap di balik kelahan Indonesia. Selain mundurnya pelatih Aji Santoso.

Gol kemenangan Brunei dihasilkan pada menit ke-48 dan ke-75 melalui Andinuddin dan Adi said. Pertandingan disaksikan Sultan ke-26 Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah.

Asosiasi Sepak Bola Brunei Darussalam dibentuk pada 15 Maret 1956. Pengalaman sepakbola Brunei di internasional untuk kompetisi regional Asia, seperti Piala AFF dan Piala Tiger . Sejauh ini, Brunei telah memasuki kualifikasi Piala Dunia hanya sekali, Piala Dunia 1986 dan Piala Asia 1976.

Pada kesempatan itu, mereka tersingkir di babak pertama. Prestasi terbaik mereka adalah ketika menjadi Juara Piala Malaysia 1999. Saat itu, Brunei berkompetisi di liga Malaysia profesional dan meskipun bersaing melawan klub Malaysia, Brunei sebelumnya pernah membuat dampak. Namun, pada tahun 1999, mereka terkejut semua orang dengan mengangkat Piala Malaysia.

Hari ini ada sekitar 2.500 pemain bermain dengan 22 klub Brunei terdaftar. Brunei telah memasukkan beberapa warga naturalisasi di tim nya. Tim nasional saat ini juga terdiri dari warga negara asing kelahiran seperti Hammid Alan Virkov (Ukraina), Darul Yuriry (Rusia) dan Boris Nafal (Serbia).

No comments:

Post a Comment