Friday 25 May 2012

Serindit | Fauna Identitas Provinsi Riau

Burung Serindit / Srindit Melayu  dengan ciri fisik bulu sayapnya berwarna hijau tua, pada ujung ekornya yang pendek didominasi warna merah dan hitam. Dadanya berwarna hijau muda bercampur bercak kekuning-kuningan, sedangkan punggungnya terdapat warna hijau dengan bercak kuning dan kecoklatan. Fauna Identitas Provinsi Riau dan menjadi Maskot pada Pekan Olahraga Nasional  (PON) XVIII Riau tahun 2012 tampak eksotik.

Maskot PON XVIII Riau
Tingkah lakunya unik, suaranya kerap melengking memanggil teman-temannya mengundang tawa setiap orang melihatnya. Sesekali burung serindit beristirahat dengan menggantungkan kakinya di cabang pohon. Posisi kepalanya berada di bawah, kakinya di atas. Paruhnya yang bengkok mematuk kulit kayu cabang pohon yang dihinggapinya. Serindit hidup di dalam hutan yang lebat dan banyak buahan. 

Burung Serindit Melayu
Burung Serindit Melayu
Warna bulunya indah, bentuknya yang kecil, dan lincah terlihat berputar di cabang pohon karet, di perkebunan masyarakat. Burung ini juga aktif melompat dari cabang pohon dan berjalan daripada terbang. Hewan dengan warna bulu didominasi hijau ini disebut burung Serindit Melayu (Loriculus galgulus) oleh masyarakat.

No comments:

Post a Comment