Monday 3 September 2012

Fauna Riau | Burung Raja Udang Paruh Merah

Kumantan, Bangkinang, Kampar, Riau - Pertama kalinya saya melihat burung ini begitu takjubnya dilihat dari warna tubuh indah dan suara yang nyaring pula. Penasaran akan burung ini saya-pun mencoba mencari namanya lewat jejaring sosial internet. Memang susah-susah gampang tapi akhirnya saya dapatkan nama burung ini disebut dengan "Burung Raja Udang Mulut/ Paruh Merah" atau "Cekakak Belukar" atau "Burung Lingkiki".

Pada masyarakat kampar penyebutan burung ini pada umumnya disebut burung lingkiki. Sebuah cerita yang menggambarkan antara ikan pantau dengan burung lingkiki, waktu burung lingkiki hendak memakan ikan pantau, si ikan pantau pun berpantun: 
lingkako kakak lingkiki,
suaghonyo gilang gumilang, 
selegho kakak yang kan ba isi, 
nyawo adiok yang kan ilang.

Ciri-ciri : mulut merah, badan coklat, dada berbuluh putih, punggung hingga ekor berwarna biru, kaki merah. 
Makanan : ikan kecil, katak, jangkrik
Habitat : tepi sungai, rawa, hutan

Burung Raja Udang Paruh Merah/ Cekakak Belukar/ Lingkiki

Burung Raja Udang Paruh Merah/ Cekakak Belukar/ Lingkiki

Kemunculan burung ini tepat di samping rumah dan ia membuat sarangnya persis di lubang-lubang tanah dekat rumah. Kebetulan dibelakang rumah saya adalah hutan, hewan/ satwa masih hidup bebas dan pohon-pohon terjaga keasriannya maka tidaklah heran jika saya menemukan burung ini. Selain warna tubuhnya yang begitu memukau, Suaranya juga tidak kalah merdunya. Burung ini sering hinggap di atas pohon yang tinggi untuk mengincar mangsa dibawahnya seperti ikan, udang, katak, dan sebagainya. Ini penampakan burung yang sempat saya abadikan dalam sebuah gambar.

Burung Raja Udang Paruh Merah/ Cekakak Belukar/ Lingkiki

5 comments:

  1. Izin simak artikelmu sob..
    Artikel yang bagus..

    #Salam dari saya, admin Tutorial Blogz

    ReplyDelete
  2. keren ,,,ane follow y,,,follow jg blog ku di http://zaidanxzanderz.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. Raja udang atau Cekakak dan dikenal juga dengan nama Cukahkeh adalah salah satu species burung yang tersebar di beberapa benua di antaranya Asia,Arika dan Australia di perkirakan ada 90 species raja udang yang terbagi menjadi tiga suku yaitu: Alcedinae, Halcyonidae dan Cerylidae.

    Di indonesia sendiri di ketahui terdapat ± 45 species burung raja udang dan salah satu yang paling populer dan juga sudah lama penulis amati adalah jenis “Halcyon cyanoventris”atau orang-orang lebih mengenal dengan sebutan Cekakak jawa di tempat saya tinggal, yaitu di daerah Kabupaten Garut Cakakak jawa sering di sebut burung Cukahkeh.

    arigato

    ReplyDelete