Monday, 19 November 2012

Berlibur ke Sea World Indonesia di Akhir Pekan

Seaworld Indonesia memiliki berbagai koleksi mulai dari biota perairan tawar, terdiri dari 22.000 ekor ikan (126 Jenis), 28 reptil (5 jenis) sampai biota perairan laut yang terdiri dari 5180 ekor ikan (26 jenis), 79 avertebrata (13 jenis), 30 reptil (5 jenis) dan 1 mamalia. berbagai fasilitas seperti telephone umum, toko souvenir, mushola, Ruang P3K & Menyusui serta food and beverage pun ada disana, jadi ga usah bingung.

Ternyata Seaworld ga sebesar dan semegah yang saya bayangin. Cuman ada satu main tank (akuarium utama), dan beberapa akuarium besar dan kecil. Main tank ini adalah satu akuarium raksasa, semacam miniatur laut gitu, dan bisa dilihat dari berbagai sisi. Dari depan, bisa dilihat dari kaca raksasa yang dijadikan background panggung untuk melihat atraksi penyelam yang memberi makan ikan. Dari atas, bisa melihat ikan-ikan berenang di permukaan ‘miniatur laut’ tersebut, trus dari bawah/dalam, ada terowongan kaca yang masuk menerobos perut main tank tersebut, yang membuat kita seolah-olah berjalan di dalam laut. Di beberapa sisi yang lain juga ada kaca-kaca besar yang memberikan pemandangan ikan-ikan di dalam akuarium raksasa itu.

Akuarium besar lainnya adalah akuarium ikan hiu. Beda sama main tank yang emang gede banget dan dibentuk bener-bener seperti di bawah laut lengkap dengan terumbu karang, tanaman laut, dan lain-lain, akuarium hiu ini isinya beneran cuman air dan ikan aja. Mungkin karena hiu emang hidupnya bukan di dasar laut ya, tapi lebih deket ke permukaan. Di sini kita bisa ngeliat dengan jelas ikan hiu dari yang paling besar sampe yang kecil-kecil berenang mengitari akuarium yang luas itu. Abis itu, ada juga akuarium dugong yang juga besar, trus yang kecil-kecil seperti arapaima, lion fish, kuda laut, dan banyak lagi yang lain. Selain akuarium-akuarium tertutup, ada juga kolam sentuh yang tersebar di beberapa spot di dalam area Seaworld. Kolam sentuh ini isinya ada kura-kura, hiu kecil, dan lain-lain. Dan sesuai namanya, di kolam ini kita bisa menyentuh ikan dan binatang-binatang lain yang ada di dalamnya.

Tiket Masuk
Kolam Kecil di Luar Ruangan
Japanese Spider Crab
Japanese Spider Crab
Lion Fish
Pinecone Fish
Belut Laut Raksasa (Moray Eel)
Ikan Hiu
Ikan Kakap Putih
Terowongan Aquarium Raksasa
Fosil Ikan Arapaima
Redtail Catfish
Arapaima (Ikan Purba)
Ikan Patin ??? (hehe maaf lupa nama aslinya)
Ikan Hiu Pari
Ikan Duyung/ Dugong
Ikan-ikan Kecil
Ikan-ikan Kecil
Hewan Terumbu Karang Nempel di Kaca
Hewan Terumbu Karang Beserta Ikan-ikan Kecil
Tampak Dalam
Tampak Dalam
Gerbang Keluar Masuk

2 comments:

  1. ih serem kk :( kepiting raksasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasa saja kok, kepitingnya diam saja

      salam

      Delete