Monday 5 March 2012

Lukisan Monalisa di Blitar

Seorang warga Kabupaten Blitar, Jawa Timur, mengaku memiliki lukisan asli Mona Lisa. Ia mengaku lukisan itu berusia 500 tahun.

Selalu ada yang menarik dan kontroversi pada lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci. Banyak yang tahu bahwa lukisan asli Sang Maestro itu disimpan dengan baik di Musium Du Luver Paris, Prancis.

Tapi baru-baru ini, seorang warga Blitar mengaku memiliki lukisan asli bergambarkan seorang perempuan berambut panjang itu. Mbah Marzuki mengaku memperoleh lukisan itu dari seorang teman.

Sekilas, lukisan minyak itu tampak mirip dengan karya yang disimpan di Prancis. Kanvasnya berbahan kain sutra dengan ukuran 87 x 67 centimeter.

Keyakinan Mbah Marzuki didukung seorang pakar lukisan, Suratno. Tapi ada yang aneh pada lukisan itu. Kata da Vinci di lukisan itu menggunakan huruf F bukan V seperti hasil karya lain Sang Maestro.

Mona Lisa atau La Gioconda (La Joconde) merupakan lukisan minyak di atas kayu poplar yang dibuat da Vinci pada abad ke-16. Lukisan itu terkenal dan menjadi pusat perhatian dunia, baik di bidang studi, mitologi, bahkan parodi.

Lukisan setengah badan itu menggambarkan seorang wanita dengan tatapan mengarah ke depan. Ekspresi senyumannya kerap dianggap misteri atau enigmatik.

Nama Mona lisa berasal dari biografi Giorgio Vasari tentang da Vinci yang terbit 31 tahun setelah Sang Pelukis tutup usia. Wanita itu disebut-sebut bernama Lisa Gheraar-Dini yang meninggal di usia muda. Lisa merupakan istri seorang pengusaha kaya bernama Francesco del Giocondo.

Mona dalam Bahasa Italia merupakan singkatan dari kata Madonna yang artinya Nyonyaku. Sehingga judul lukisan Mona Lisa bisa diartikan sebagai Nyonya Lisa.

Da Vinci mengerjakan lukisan potret itu pada 1506. Sayangnya, ia tak meninggalkan catatan apapun mengenai karya legendaris itu hingga ia meninggal pada 1519. Raja Francois I kemudian membeli lukisan berukuran 77 x 53 centimeter itu pada 1516. Ia pun memajang Mona Lisa di istananya.

Mona Lisa menghilang pada 21 Agustus 1911. Seorang karyawan museum bernama Vincenso Peruggia mencuri lukisan itu. Ia menyimpang Mona Lisa selama dua tahun di loteng kamarnya di Paris.

Tapi, petugas berhasil menyelamatkan Mona Lisa. Petugas lalu mengembalikan lukisan itu ke Musium de Luver.

Lukisan itu bernilai tinggi yaitu ratusan juta dolar Amerika Serikat. Puluhan ribu kali lukisan itu diperbanyak dengan berbagai cara di seluruh belahan dunia.

sumber : metro tv

No comments:

Post a Comment