Saturday 5 May 2012

Kesenian Kampar

  • Gung Tanah
  • Oguong
  • Jenis musik yang sangat populer milik kampar adalah calempong. Dalam dialeg ocu disebut calempong baoguong atau gondang baoguong. Dari beberapa sumber calempong berasal dari musik perkusi yg terbuat dari kayu (sejenis gambang) dengan iringan bunyi bass dari tali rotan yg diregang diatas tanah. Bunyi gendang (ketepak) terbuat dari kayu yg ditebuk pula. Kelompok musik yg dimainkan tiga orang ini sebagai cikal bakal calempong gung sekarang ini disebut Gung Tanah. Gung tanah masih dimainkan di kampar kiri dan kecamatan kampar. Pada perkembangan selanjutnya dengan banyaknya pedagang kita berlayar ke singapura pada masa itu, sementara disana sudah ada alat musik perkusi yg terbuat dari logam, yakni calempong dan gung sekarang, maka timbullah minat para pedagang membawa alat musik logam itu pulang kekampung halamannya. Instrumen calempong baoguong terdiri dari calempong, ketepak dan gung. Calempong terbuat dari logam berjumlah 6 buah disusun dengan deretan nada tinggi ketengah pada sebuah kotak berukir yang terbuat dari kayu. Ketepak adalah alat musik perkusi yg sumber bunyinya selaput/kulit kambing. Bentuknya bulat, dikedua permukaannya ditutup kulit yg dirajut dgn rotan. Gung terbuat dari logam bentuknya bulat berongga. 

  • Seni Gubano atau sering disebut dikiu gubano biasanya diadakan pada acara adat pernikahan. Seni Gubano ini sudah saatnya untuk dilestarikan. Umumnya saat ini pemainnya sudah usia lanjut, generasi muda harus diwariskan seni khas Kampar ini. Seni Gubano merupakan gubahan yang dinyanyikan yang diiringi dengan alat yang disebut Gubano.
    Dikiu gubano termasuk musik tradisi gabungan vokal dan instrumental. Instrumental yang digunakan adalah gubano (rebana besar). Jumlah pemainnya antara 5 hingga 10 atau 12 orang. Penabuh gubano merangkap sebagai penyanyi berzanji dgn membaca buku syair berzanji. Syair yg dikumandangkan dalam dikiu gubano lebih mengutamakan irama dan warna serta volume suara dengan dialegnya sendiri dan sedikit mengabaikan tata ucap yang benar dari bahasa asalnya yakni bahasa arab. Gubano adalah alat musik perkusi yg terbuat dari kayu keras dgn sumber bunyinya adalah selaput kulit lembu digunakan sebagai tabuhan mengiringi nyanyian kitab berzanji. Grup dikiu gubano ada hampir disetiap kenegrian karena dikiu gubano sangat dibutuhkan untuk memeriahkan acara pesta kawin, turun mandi anak, sunatan, upacara penyambutan dan mengarak pengantin atau menyambut tamu yang dihormati.

  • Gambang adalah alat musik perkusi/pukul yg terbuat dari bilah papan atau bambu 6 buah dan dimainkan oleh 1 atau 2 orang seperti pemain calempong. Gambang selalu dimainkan untuk hiburan seseorang yg sedang menunggu padi di sawah. Lagu-lagunya mirip dengan lagu yg dimainkan pada calempong. Gambang adalah cikal bakal calempong sebagai instrumen melodi pada grup gung tanah. Instrumen gambang terbuat dari bahan kayu. Bilah nada dibuat dari kayu ringan seperti mahang dan balam yang dipotong tidak sama panjang untuk membedakan tinggi nada-nadanya. Sedangkan rumah-rumah gambang dibuat berongga sebagai ruang resonansi dan adakalanya dihias dengan ukiran binatang atau tumbuh-tumbuhan. Nada gambang tradisi tidak permanen sama seperti tangga nada diatonis. Tinggi nada selalu diukur oleh sipemain gambang atau oleh sipembuat gambang. Gambang adalah alat musik milik perorangan dan selalu dimainkan dirumah saja atau dipondok ladang.

Spesial Kesenian Musik Kampar saat berkunjung ke Negeri Pahang, Malaysia
 

No comments:

Post a Comment