Monday 2 July 2012

Spanyol Juara Piala Eropa 2012


Kronologi
babak pertama
Gol itu diawali oleh penetrasi Cesc Fabregas di kotak penalti menuju ke tiang kiri gawang. Giorgio Chellini yang menjaganya gagal menahan umpan silang yang dilepaskan Fabregas. Meskipun tingginya hanya 170 sentimeter, Silva yang berdiri bebas dapat langsung menanduk bola ke gawang yang sudah tidak terjaga oleh Buffon.

Ketinggalan 0-1 membuat Italia bangkit dan mulai menyerang. Antonio Cassano dan Mario Balotelli menjadi target umpan dari para gelandang dan bek sayap.

Pada menit ke-27, Balotelli hampir mengulangi mencetak gol dengan sundulan tetapi kiper Casillas lebih dulu menepis bola. Dua menit kemudian, Cassano berhasil menipu tiga bek Spanyol dan melepaskan tendangan ke gawang tetapi bola dapat ditangkap oleh Casillas.

Italia juga mencoba mencetak gol melalui dua tendangan di luar kotak penalti. Cassano dan Riccardo Montolivo menendang bola ke gawang tetapi semuanya berhasil ditahan oleh Casillas.
Saat Italia sedang asyik menyerang, Spanyol melakukan serangan balik. Xavi dari lapangan tengah berhasil keluar dari penjagaan pemain Italia dan melepaskan umpan terobosan ke Jordi Alba di menit ke-41.
Alba sekali mengontrol bola dengan kaki kanannya dan langsung melepaskan tendangan untuk menjebol gawang Buffon untuk kedua kalinya. Skor berubah menjadi 2-0 bagi Spanyol.

babak kedua
Di babak kedua, Italia berkesempatan memperkecil ketinggalan. Namun, sundulan Antonio Di Natale yang sudah berada di depan gawang justru naik ke atas mistar.

Setelah itu, Italia praktis tidak memiliki peluang emas untuk memperkecil ketertinggalan mereka. Sebaliknya, Spanyol berkali-kali mendapat peluang.

Di menit ke-48, Fabregas kembali melakukan penetrasi ke kotak penalti. Namun, Fabregas dijatuhkan dan umpannya yang lemah ke Anders Iniesta disapu oleh bek Italia.

Spanyol seharusnya mendapat penalti di menit ke-50 setelah sundulan Sergio Busquets ditahan oleh tangan Leonardo Bonucci. Sayangnya, wasit tidak melihat sehingga hadiah tendangan penalti tidak diberikan.
Spanyol yang terus mengurung Italia mendapat peluang di menit ke-83 setelah Xavi melepaskan umpan terobosan ke Fernando Torres. Torres yang baru bermain delapan menit langsung memanfaatkan umpan itu dengan menaklukkan Buffon dan menciptakan gol ketiga bagi Spanyol dan gol ketiga baginya sendiri di turnamen ini.

Spanyol semakin menikmati permainan setelah unggul 3-0. Juan Mata akhirnya dimainkan untuk pertama kali di turnamen ini menggantikan Iniesta.

Keputusan pelatih Vincente Del Bosque untuk memainkan Mata sangat tepat karena dua menit setelah main, Mata langsung mencetak gol setelah mendapat umpan dari Torres. 4-0 untuk Spanyol.

No comments:

Post a Comment