Saturday, 24 November 2012

Burung Pelikan Perenang yang Handal

Pelikan atau pelican adalah sejenis burung air yang memiliki kantung yang dapat membesar  pada bagian bawah paruhnya. Pelikan terdapat pada hampir setiap penjuru dunia. Beberapa jenis pelikan merupakan burung laut, dan sebagian lainnya merupakan burung yang biasa di air laut dan di air tawar.

Burung Pelikan ini berwarna putih atau sebagian besar putih. Sayap dan ekor sebagian berwarna hitam. Selama masa mengeram warna kulit yang sulah, paruh, kantung, tengorok, dan kaki menjadi lebih jelas. Burung pelikan mempunyai ciri ciri khusus yaitu antara lain paruh besar dan lurus, dilengkapi dengan kait pada ujungnya dan kantong makanan yang besar, yang bisa menggembung di sepanjang paruh. Kantong paruh ini dapat menyimpan makanan 3 kali lebih banyak dari perutnya .

Pelikan adalah perenang yang baik, dengan kaki mereka yang pendek dan kuat serta jari-jari berselaput, untuk memudahkannya berenang di air. Pelikan dapat digolongkan menjadi dua kelompok : Pelikan yang berburu ikan dengan cara membentuk barisan di permukaan air dan mengambil ikan dengan paruhnya. Pelikan yang menyelam ke dalam dan muncul ke permukaan setelah memperoleh buruan. 

Pelikan (lokasi : ragunan, jakarta)
Pelikan (lokasi : ragunan, jakarta)
Pelikan (lokasi : ragunan, jakarta)
Pelikan adalah burung yang terkenal dengan paruhnya yang memiliki kantung. Paruhnya yang meruncing panjangnya bisa lebih dari 30 cm. Paruh sebelah atas memiliki ujung yang bengkok membentuk kait. Pada paruh bagian bawah sampai tenggorokan terdapat kantung berupa kulit elastis, yang digunakan untuk menangkap ikan. Kakinya pendek dan pada jari-jarinya terdapat selaput yang memudahkannya berenang. Panjang tubuh pelikan mencapai 1,5 m. Bentangan sayapnya antara 1,8 m sampai 2,7 m tergantung spesiesnya. Pelikan jantan memiliki rupa yang sama dengan pelikan betina, namun tubuh pelikan jantan sedikit lebih besar dari pelikan betina.
Pelikan (lokasi : ragunan, jakarta)
Pelikan (lokasi : ragunan, jakarta)
Pelikan (lokasi : ragunan, jakarta)
Sebagai burung air, makanan burung pelikan adalah ikan. Beberapa jenis pelikan menangkap ikan dengan berenang secara bekerjasama dalam satu kelompok. Mereka membentuk suatu barisan membentuk formasi huruf “U” untuk mengepung dan dan menjebak ikan-ikan ke pinggir air. Mereka menggunakan sayap untuk mengepak-ngepak permukaan air untuk mengarahkan ikan. Saat ikan-ikan terjebak dan berkumpuk di pinggiran air, mereka menangguknya dengan paruh berkatungnya. Pelikan kemudian mengarahkan paruhnya ke bawah untuk membuang air dari kantung tersebut, kemudian menelan ikan yang terperangkap di paruhnya. Pelikan Putih Amerika  (Pelecanus erythrorhynchos) dapat menampung sekitar 11 liter air dalam kantung paruhnya.

Cara berburu masing-masing spesies tidak semuanya sama. Pelikan Putih (Pelecanus erythrorhynchos). Pelikan Putih biasa mencari makan dalam kelompok, dengan memukul-mukul dan sayap dan kakinya mengejar ikan kecil ke arah tepi air. Pelikan Cokelat (Pelecanus occidentalis) memburu ikan dengan terjun menyelam dari ketinggian 3 – 9 m dari atas permukaan air. Pelikan Punggung Pink (Pelecanus rufescens) dan Pelikan Paruh Tutul (Pelecanus philippensis) mencari makan sendiri-sendiri dengan dengan berenang perlahan mendekati ikan sasaran lalu menangkap mangsanya dengan paruhnya secara tiba-tiba.
Pelikan (lokasi : ragunan, jakarta)
Pelikan (lokasi : ragunan, jakarta)
Pelikan adalah burung yang hidup berkelompok dan terbang dalam kawanan. Pelikan dapat terbang dalam jangka waktu lama. Mereka sering terbang membentuk satu garis panjang. Kadang kadang mereka juga terbang dengan membentuk formasi huruf “V”. Gerakan pelikan agak kaku di atas tanah tetapi sangat lincah di udara. Burung pelikan juga berkembangbiak dalam kelompok yang disebut koloni.

Pelikan biasa berada di lingkungan kelompok pelikan lainnya, bahkan di lingkungan jenis burung air lainnya seperti cormorant atau flamingo.
Pelikan (lokasi : ragunan, jakarta)
Pelikan (lokasi : ragunan, jakarta)
Pelikan (lokasi : ragunan, jakarta)
Pelikan (lokasi : ragunan, jakarta)
Klasifikasi ilmiah burung pelikan adalah sebagai berikut.
Kerajaan: Animalia, Filum: Chordata, Kelas: Aves, Ordo: Pelecaniformes, Famili: Pelecanidae, Genus: Pelecanus,
Spesies burung pelikan antara lain: Pelikan Cokelat (Pelecanus occidentalis), Pelikan Peru (Pelecanus thagus), Pelikan Paruh Tutul (Pelecanus philippensis), Pelikan Punggung Pink (Pelecanus rufescens), Pelikan Putih Amerika (Pelecanus erythrorhynchos), Pelikan Great White (Pelecanus onocrotalus), Pelikan Dalmatian (Pelecanus crispus), Pelikan Australia (Pelecanus conspicillatus).

No comments:

Post a Comment